fbpx
Hipnotis » BLOG » Hipnotis » Apa Itu Hipnoterapi

Apa Itu Hipnoterapi

Di dalam ilmu hipnotisme, ada istilah hipnoterapi. Sebenarnya, hal ini bisa dipelajari dan dipraktikkan oleh setiap orang. Tentu hipnotis sendiri bukanlah seperti yang dipersepsikan banyak orang, dimana seseorang akan kemampuan mengendalikan orang lain tanpa disadari. Kalaupun ada, semua terjadi atas izin dan kemauan dari si subjek sendiri.

Namun, dengan berbagai perkembangan ilmu era modern ini. Seorang pelaku hipnotist bisa menggunakan teknik-teknik persuasi seperti NLP, untuk membuat seseroang MAU dikendalikan. Oleh karena itu, tulisan ini akan sedikit mengulas mengenai apa itu hipnoterapi.

hipnoterapi

Pengertian Hipnoterapi

Hal terpenting yang harus dipahami ketika mempelajari hipnotherapi adalah memahami dasar mengenai apa itu hipnoterapi. Hipnotherapy tentu saja memiliki perbedaan dengan hipnotisme yang sering Anda saksikan di televisi.

Baca Juga: Hipnotis Menurut Islam

Sebenarnya yang dimaksud dengan hipnoterapi adalah penggunaan teknik hipnotis untuk mengatasi masalah tertentu. Tentu, semua hal ini dilakukan dengan menggunakan Pikiran Bawah Sadar seseorang. Tujuannya jelas untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah psikologis yang muncul pada perilaku atau mindset mereka.

Dalam hal ini, materi pembelajaran yang diperlukan oleh tarapist jauh lebih mendalam. Seorang hipnotherapis harus mengerti betul cara kerja pikiran, perilaku, dan kepribadian. Tentu dengan perlu memahami aspek-aspek psikologis manusia.

Adapun tujuan dan manfaat paling utama dari hipnoterapi adalah untuk membantu klien dengan cara memberikan terapi hipnosis kepada seseorang yang dalam hidupnya mengalami gangguan pikiran. Sehingga, dapat diambil pemahaman bahwa seseorang yang sangat mendalami keilmuan hipnotis disebut dengan hipnoterapis. Dan inti dari ilmu ini adalah bagaimana bisa membantu orang lain.

Cara Melakukan Hipnoterapi

Untuk dapat berhasil di dalam proses hipnotherapi, kedua pihak yaitu klien serta terapis perlu bekerjasama. Klien perlu benar-benar sadar apa yang ia inginkan, dan perlu sadar bahwa ia mampu berubah. Terapis berperan sebagai fasilitator yang akan membantu klien menuju perubahan tersebut. Dengan kerja sama yang baik di antara kedua belah pihak, maka proses hypnotherapy akan berjalan secara maksimal.

Baca Juga: Apakah Hipnotis Menggunakan Jin?

Umumnya, untuk memproses terapi terhadap seseorang, mula-mula akan diawali dengan wawancara yang digunakan untuk mengetahui permasalahan sesungguhnya dari diri klien. Tujuannya agar saat proses terapi dilakukan, semua dapat berjalan sesuai tujuan awalnya. Setelah itu pasien atau klien akan diminta untuk melakukan relaksasi sebmbari terapis memberikan beberapa instruksi.

Terapis akan membimbing klien masuk ke dalam trance (kondisi hipnosis), proses terapi akan dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik hipnoterapi yang telah dipelajari oleh terapist. Proses hipnoterapi biasanya berlangsung selama beberapa sesi sesuai kebutuhan, dalam satu sesi terapi kurang lebih berlangsung selama 2 jam (bisa lebih, tergantung kondisi dan kebutuhan).

Terakhir, terapis akan mengevaluasi hasil terapi bersama kliennya. Jika masalah sudah selesai, maka sesi dapat dihentikan. Jika ada permasalahan yang belum selesai, maka akan disarankan ke terapi berikutnya.

Manfaat Hipnoterapi

Setelah mengetahui apa itu hipnotherapi, pada pembahasan berikutnya akan diulas secara singkat mengenai manfaat dari hipnoterapi itu sendiri. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa seseorang dapatkan dari hipnoterapi.

Untuk Motivasi dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat yang pertama dari adanya hipnotherapi adalah mampu memberikan suatu motivasi serta dorongan tersendiri dan juga membantu tingkatkan rasa percaya diri seseorang.

Diharapkan dengan ini, setiap individu yang diterapi mampu menyelesaikan hambatan mental masing-masing seperti perasaan minder, serta mental block yang menghambat produktifitas seseorang.

Penerapan di bidang ini sering dijumpai para trainier pemberdayaan diri seperti Eric Siregar atau Idrus Putra yang memberikan motivasi dan stress management dalam beberapa kurikulum pelatihannya.

Membersihkan Program Pikiran dan Emosi Negatif

Manfaat kedua dari hipnoterapi adalah membantu menyelesaikan dan meringankan masalah seseorang yang menjadikan hidup mereka menjadi tertekan. Di antara contohnya adalah ketika seseorang sedang memiliki rahasia terpendam yang sebenarnya tak mampu ia tanggung. Baik itu permasalahan pribadi atau permasalahan keluarga. Sehingga, hipnoterapi akan mengatasi hal ini.

Membantu Mengatasi Psikosomatis

Selain itu, adanya proses hipnotherapi juga membantu mengatasi dan menyembuhkan gangguan yang disebut psikosomatis. Penting untuk dipahami bahwa sesungguhnya penyakit ini sendiri kerap disebabkan oleh adanya stress serta tekanan dalam pikiran manusia yang terlalu berlebihan. Proses hipnoterapi dapat membantu mencari akar permasalahan yang menjadi penyebab hal ini.

Untuk Mengatasi Masalah Seksual

Ternyata permasalah seksual yang terjadi seperti Ejakulasi Dini, Ejakulasi Tertunda, Gairah yang kurang, Frigiditas, Lemah Syahwat, dll sebagian disebatkan oleh psikis / pikrian mereka. Seorang rekan saya fokus melakukan terapi dalam bidang ini, silahkan kunjungi web resminya dengan klik: Hypnosexology

Berhenti Merokok

Tidak sedikit juga orang yang ingin berhenti merokok menggunakan hipnoterapi ini. Satu hal yang perlu digaris bawahi dalam terapi ini, hipnoterapi sama sekali berbeda dengan apa yang pembaca lihat di Televisi. Terapi ini menggunakan proses, dan tidak akan mengubah seseorang dalam sekejap mata.

Menurunkan Berat Badan

Sama halnya seperti kecanduan merokok, seseorang tidak akan langsung berubah menjadi kurus dan langsing setelah keluar dari ruang terapi. Peran terapis di sini adalah menanamkan mindset yang benar agar klien melakukan penurunan berat badan dengan benar dan sehat.

Untuk Mengurangi Tekanan / Stress

Saat seseorang masuk dalam kondisi Trance (kondisi hipnosis) berarti seseorang tersebut memusatkan fokus pada penyebab stressnya. Terapis dapat membantu seseorang merilis rasa tertekan dan stress berlebih yang menimpa kliennya.

Tidak jarang, klien yang memiliki cemas yang terlalu berlebihan, depresi, insomnia, patah hati, luka batin, keseringan menunda pekerjaan dan masih banyak lagi yang lainnya juga menggunakan hipnoterapi untuk mengatasi segala masalah tersebut.

Membantu Mengurangi Rasa Sakit / Nyeri

Dalam ilmu kesehatan dan keperawatan, nyeri atau rasa sakit dianggap persepsi. Tentu saja persepsi itu ada di dalam pikiran. Tidak heran, saat ini banyak digunakan teknik hypno untuk membantu persalinan (sering disebut hypnobirthing), operasi kecil , dan khitan
(sebagai pengganti anesthesi).

Tentu masih banyak sekali manfaat lainnya yang dapat disebutkan. Memahami apa itu hipnotherapi sangatlah penting agar seseorang tidak salah paham. Pandangan negatif mengenai hal ini harus diatasi karena manfaat dari ilmu ini sangatlah penting, terutama berhubungan dengan masalah-masalah psikologis di kepribadian, pikiran dan perilaku.

Sebelum memutuskan untuk melakukan hipnoterapi, sangat dianjurkan untuk mempertimbangan pemilihan terapis. Pastikan terapis tersebut professional di bidangnya, dan tentu saja memiliki jam terbang yang mumpuni.

~ Platinum hipnoterapi
Belajar hipnotis dan hipnoterapi full online!

Baca Juga: